Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Terlalu Baik Sama Orang Lain

Berlatih Mensyukuri Dengan Apa Yang Kita Punya Saat ini Ini Apapun Itu

Bersikap baik sama orang itu baik. Sangat baik. Bahkan di setiap agama diajarkan untuk orang-orang bisa bersikap baik pada semua orang. Karena itu sudah ajaran dari agama, cinta dan kasih. Mau siapapun itu. Bahkan kalau di nasrani, ada ungkapan, kasihilah musuhmu. Ini makin dalam lagi maknanya. Bahkan semakin sulit untuk dilakukan. Tapi itulah, makna dari cinta dan kasih. Orang harus bisa saling mengasihi satu sama lain, harus bisa saling bersikap baik satu sama lain. Saling membantu satu sama lain. 

Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Terlalu Baik Sama Orang Lain

Memang itu adalah tindakan yang sangat baik untuk dilakukan. Itu adalah hal yang diajarkan oleh semua agama dan orang tua. Untuk bersikap baik pada semua orang. Baik itu sepantaran denganmu atau lebih muda atau lebih tua. Tidak ada batasan usia. Dan bersikap baik itu juga harus dilakukan dengan tulus, tanpa memandang ras, suku dan agama. Atau tingkat sosial orang itu. Tapi, ada tapinya tentu saja. Baik boleh tapi ada batasannya. Seperti saat kita membantu orang, saat kita bersikap baik pada seseorang. Ya pastikan kita lakukan itu dengan ikhlas. Tanpa berharap kembali. 

Dan saat kalian rasanya sudah cukup, ya sudah. Jangan dipaksakan untuk baik terus. Misalnya saat orang membutuhkan pertolonganmu. Selama kita bisa membantu, pasti kita akan membantu. Tapi bantu yang sebatas yang dia minta. Jangan sampai bantu berlebih. Sekali-sekali mungkin boleh. Tapi jangan terlalu sering dan jangan dibiasakan. Karena dengan begitu. Orang bisa menjadi keenakkan. Dan ujung-ujungnya, mereka tanpa melakukan usaha terlebih dahulu, mereka sudah mengandalkanmu untuk melakukan beberapa urusannya. Tapi padahal dia bisa saja melakukan sendiri. 

Tapi karena sudah dibiasakan, dia orang jadinya keenakkan dna jadilah seperti itu. Meremehkan, dan bahkan saat biasa dibantu dan tiba-tiba tidak bisa dibantu. Malah mereka bisa datang menagih. Atau malah marah, kok di bantuin sih. Dan orang seperti ini ada banyak sekali. Orang yang meminta tolong malah lebih ganas dari pada orang yang dimintai tolong. Lucu memang, heran iya, tapi ada-ada saja orang yang seperti ini.